Minggu, 08 Maret 2009

Godok-godok

Teman-teman pasti heran ini nama kok jelek amat sih! Ya nama makanan ini godok-godok jenis kue yang digoreng. Mungkin namanya godok-godok karena semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini digodok menjadi satu. Jadi itulah sebabnya orang-orang di daerah ku menyebutnya godok-godok. Cara buat dan bahannya sederhana tapi rasanya cukup enak. Ingin tahu caranya? Baiklah nih saya beritahukan bahan-bahan yang diperlukan
Bahan-bahan:
Pisang kepok (atau jenis lainnya) : 1 sisir (kalau bisa yang sudah lembek)
Kelapa parut : ½ butir
Terigu : ½ Kg
Gula putih : ¼ atau kalau ingin lebih manis atau kurang dapat disesuaikan dengan selera
Garam : secukupnya (Ingat setiap masak harus selalu pakai garam sedikit biar lemak dan rasanya tidak cempreng).
Minyak goreng : untuk menggoreng
Cara buat
Pisang ditim , masukkan tepung, kelapa, gula dan garam.
Goreng dalam minyak panas, besarnya sesuai selera. Boleh masukkan satu sendok makan.
Setelah harum dan agak kekuningan angkat.
Godok-godok siap untuk di makan.
Opungku punya versi lain untuk masak godok-godok ini dia menyebutnya lempeng. Kupikur hanya aku dan saudara-saudaraku yang megetahui nama ini ternyata temanku juga tahu nama makanan ini. Atau mungkin setiap suku melayu asli atau keturunannya yang masih diperkenalkan dengan kebudayaan dan makanan khas melayu mengetahui jenis makanan ini. Sebab temanku yang mengetahui nama makanan ini juga suku Melayu. Aku sendiri sih bukan suku Melayu asli, tapi opungku yang asli Melayu selalu memperkenalkan kebudayaannya.
Lempeng terbuat dari bahan yang sama dengan godok-godok tetapi cara memasaknya yang berbeda. Lempeng dimasak diatas daun, daun tersebut diolesi dengan sedikit minyak. Letakkan sesendok atau dua sendok bahan adonan godok-godok keatas daun lalu tutupi lagi dengan daun. Masak diatas kuali yang panas. Bolak-balik lempeng sampai matang. Jika lempeng telah matang kita dapat menyantapnya, ehmmmm bau harum daun bakar menambah nikmat lempeng tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar