Minggu, 08 Maret 2009

Toge Panyabungan

Toge Panyabungan? Pasti orang bertanya-tanya jenis toge seperti apa itu? Bagaimana rupanya? Berasal dari mana? Toge panyabungan adalah sejenis makanan atau minuman, bisa dibilang makanan atau minuman tergantung orang ingin mengkategorikan ini kemana. Entah darimana asal muasal namanya, saya sendiri kurang paham. Mungkin toge panyabungan ini dari daerah Panyabungan bagian selatan dari Sumatera Utara. Tapi di Medan (Sumatera Utara) jenis makanan atau minuman ini cukup terkenal.
Biasanya makanan atau minuman ini dijual oleh mereka yang bersuku Mandailing. Ehmmm rasanya ma’nyus sekali apalagi kalau dimakan atau diminum dengan campuran es batu (weeeeeenak dan segar). Adapun bahan campuran dari toge panyabungan ini adalah:
Lupis
Candil
Ketan hitam
Tape ketan putih
Cendol
Santan
Gula merah cair.
Campurkan semua jenis bahan-bahan diatas, maka jadilah toge panyabungan. Campuran tape ketannya akan memberikan rasa asam tapi segar yang membuat makanan atau minuman ini menjadi enak.
Di Medan sendiri makanan atau minuman ini banyak dijumpai saat bualan Ramadhan. Orang-orang yang berjualan kue untuk ta’jil Ramadhan menjual makanan atau minuman ini. Namun ada juga yang menjualnya setiap hari tanpa mengenal bulan Ramadhan atau tidak dulu sih yang aku tahu tempat jualannya di daerah sekitar jalan Karya. Ada seorang bapak-bapak yang menjualnya, tapi sekarang aku tidak melihatnya lagi. Mungkin ia pindah jualan. Dan satu lagi daerah sekitar jalan Gereja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar