Jumat, 17 April 2009

Kue Melati

Suku Melayu Deli mengatakan nama kue ini kue Melati, mungkin karena warnanya yang putih makanya disebut kue melati. Namun pada umumnya orang menyebut kue ini dengan nama kue bangkit tapi bukan bangkit susu. Pada umumnya kue ini disajikan waktu lebaran, jika kamu bertamu kerumah mereka suku Melayu pada umumnya kue ini ada. Adapun cara membuatnya sebagai berikut:
Bahan-bahan
1 kg kanji sanghi (sangrailah tepung ini sampai kadar airnya berkurang, cara menandakan bahwa tepung tersebut telah berkurang kadar airnya adalh tepung akan gembur atau ringan. Sangrai jangan sampai gosong, karena kalau gosong akan membuat kue tidak enak, biarkan tepung yang telah disangrai sampai dingin).
3 Butir kelapa (ambilah pati santannya. Santan yang diinginkan adalah perasan kelapa yang tidak dicampur air, karena kalau perasan kelapa untuk menghasilkan santan itu bercampur dengan air akan mengakibatkan kue menjadi bantut (tidak kembang).
Vanili 2 saschet
Tepung gula ½ kg.
3 butir telur ayam, ambil kuningnya saja telur kalau ayam negeri. 2 butir telur ikut putihnya kalau telur ayam kampung
Cara membuatnya:
Campurkan tepung, gula, vanili aduk sampai rata.
Campurkan adonan pertama dengan telur satu persatu, setelah itu tuangkan santan sedikit demi sedikit sampai adonan kalis (jangan terlalu lembek dan jangan terlalu keras).
Setelah adonan kalis, cetaklah sesuai selera, pada umumnya dicetak berbentuk lalu bakar di dalam oven sampai matang.
Kue melati siap dihidangakan untuk makanan ringan atau kue kecil saat lebaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar